STUDI BANDING KE CCED UNIVERSITAS LAMPUNG

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Study Banding Tim Karir Center STMIK Pringsewu ke CCED (Center for Career and Entrepreneurship Development) yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 12 Oktober 2017 disambut baik oleh Bapak Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A. di kantor CCED Universitas Lampung.

Study Banding membahas tentang 5 Divisi yang ada pada CCED, yaitu Divisi Tracer Study dan IT; Divisi Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis; Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir; Divisi Kemitraan, Layanan Pelanggan dan Penjamin Mutu Internal; serta Divisi Assessment Center.

Divisi yang pertama yakni Divisi Tracer Study dan IT berperan merencanakan dan melaksanakan kegiatan studi penelusuran alumni untuk mengetahui kegiatan alumni setelah lulus. Divisi ini diketuai oleh Bapak Dr. Ribhan dimana beliau menjelaskan bahwa “CCED merekrut mahasiswa yang akan lulus untuk menelpon alumni hingga lima angkatan di atas pada satu jurusannya. Metode ini memiliki tingkat keberhasilan 30%.”

Divisi yang kedua kedua yakni Divisi Pembinaan dan Konsultasi Karir: memberikan konseling karir dan pengembangan softskill.
Bapak Moch. Johan Pratama, M.Psi. menyatakan bahwa “kegiatan pembinaan dimulai dari awal mahasiswa masuk sampai tingkat akhir. Pada tahun pertama pembinaan concern di bidang leadership, tahun kedua pembinaan di bidang komunikasi, tahun ketiga pembinaan di bidang pembuatan CV dan resume, dan tahun keempat pembinaan di bidang persiapan interview pekerjaan.”

Divisi yang ketiga yakni Divisi Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis: menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa, alumni, dan umum.
Bapak Deddy Aprilani, M.A. menjelaskan bahwa “hasil kreativitas mahasiswa yaitu pembuatan kopi bubuk dengan tambahan gula jawa dan mendapatkan hibah penelitian sebesar 250 juta rupiah.
9Selain itu inkubator bisnis juga memfasilitasi penelitian mahasiswa senilai 400 juta dalam pembuatan lampu bawah laut untuk nelayan.”

Divisi keempat yakni Divisi Assessment Center berperan memberikan layanan assessment dan tes psikologi, penilaian kinerja, dan pemetaan profil kepribadian mahasiswa.

Divisi terakhir yakni Divisi Kemitraan, Layanan Pelanggan, dan Penjaminan Mutu Internal: menjalin kerjasama kemitraan stakeholder.

Selanjutnya CCED UNILA mengadakan acara “Begawi Besar” pada tanggal 10 Oktober 2017, acara tersebut diikuti oleh beberapa perusahaan besar. Acara ini dimaksudkan untuk membuka kesempatan lowongan bagi mahasiswa yang mencari pekerjaan, juga digunakan untuk menampilkan produk-produk kewirausahaan mahasiswa dan masyarakat.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply