Seminar Hasil Program PROGRAM PENGEMBANGAN LAYANAN PUSAT KARIR DAN PUSAT KARIR LANJUTAN (PKPKL)

0
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Berdasarkan undangan Kemenristekdikti Nomor: 2671/B3.4/KM/2017 perihal Seminar Hasil Program PKPKL yang mewajibkan seluruh perguruan tinggi penerima bantuan dana pengembangan layanan pusat karir dan pusat karir lanjutan untuk hadir. Hasil kegiatan tersebut sebagai berikut:
Kegiatan seminar yang diikuti oleh 196 perguruan tinggi penerima bantuan dana pengembangan PKPKL dibuka dengan upacara nasional, doa, tarian selamat datang, laporan Subdit Penyelarasan Kebutuhan Kerja, dan sambutan Direktur Kemahasiswaan pada hari Kamis, 16 November 2017 pukul 09.00 WIB.

Dalam sambutan Direktur Kemahasiswaan, Dr. Didin Wahidin menyampaikan beberapa poin penting diantaranya:
• Pusat karir harus lebih komprehensif dan tidak sekedar sebagai pelengkap dalam institusi perguruan tinggi.
• Memperhatikan APK (Angka Partisipasi Kasar) perguruan tinggi di Indonesia yang masih cukup tinggi yakni 31%, pemerintah terus-menerus meningkatkan kuota program beasiswa dan pada tahun 2017 ini Kemenristekdikti telah memberikan beasiswa bagi 480.000 mahasiswa se-Indonesia.
• Pusat karir memiliki fungsi strategis sebagai agen pemerintah untuk memasukkan nilai-nilai dan paham kebangsaan bagi mahasiswa di institusi perguruan tingginya guna mencapai tujuan berbangsa dan bernegara.
• Kehadiran pusat karir diharapkan memberikan makna dan menjadi lembaga persuasif agar mahasiswa tidak melenceng bahkan keluar dari cita-cita proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pukul 10.00-11.00 kegiatan dilanjutkan dengan materi “Kebijakan Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi” yang disampaikan oleh Ibu Setyo Pertiwi selaku Majelis Akreditasi BAN-PT. Secara garis besar, beliau membahas mengenai dasar hukum pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi, tupoksi BAN-PT, standar dikti, kriteria akreditasi, dan peran tracer study dalam akreditasi.

Ada 36 perguruan tinggi terpilih yang mempresentasikan hasil bantuan dana dengan rincian 16 perguruan tinggi penerima bantuan pengembangan pusat karir dan 20 perguruan tinggi penerima bantuan pengembangan pusat karir lanjutan.

Pukul 11.00-12.30 kegiatan presentasi sesi I hasil bantuan pusat karir oleh 6 perguruan tinggi terpilih yaitu Institut Teknologi Del, STIKES Bina Mandiri Gorontalo, dan Universitas Muhammadiyah Magelang di kelas A serta Politeknik Aceh, STIE Trisakti, dan Politeknik Negeri Ujung Pandang di kelas B.

Pukul 13.30-15.30 presentasi sesi II oleh STIE Muhammadiyah Jambi, STKIP PGRI Bangkalan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya, Politeknik Indramayu, dan Universitas Halu Oleo di kelas A dan Universitas PGRI Madiun, Universitas Muhammadiyah Mataram, STKIP Muhammadiyah Bulukumba, Universitas Pekalongan, dan Politeknik Negeri Banjarmasin di kelas B.

Secara umum, ke-16 perguruan tinggi penerima bantuan pusat karir memaparkan profil, visi dan misi, program kerja pusat karir di institusinya.

Pukul 16.00-18.00 presentasi sesi III hasil bantuan dana pusat karir lanjutan oleh Universitas Bung Hatta, Universitas Pakuan, Akademi Akuntansi YKPN, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan Univesitas Pelita Harapan Surabaya di kelas A serta Universitas Negeri Padang, Akademi Sekretaris dan Manajemen Taruna Bakti, Universitas Katolik Parahyangan, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, dan Universitas Cokroaminoto di kelas B.

Hari Jumat, 17 November 2017 presentasi sesi terakhir dimulai pukul 08.00-10.00 dengan menampilkan Politeknik Jambi, Universitas Telkom, STT PLN Jakarta, Universitas Merdeka Malang, dan Politeknik Harapan Bersama di kelas A serta Universitas Multimedia Nusantara, STIE PGRI Dewantara, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Ma Chung, dan Universitas Mussamus di kelas B

Ke-20 perguruan tinggi penerima bantuan dana pusat karir lanjutan mempresentasikan hasil penelitian tracer study bagi alumni yang telah lulus 2 tahun lalu. Perguruan tinggi tersebut memaparkan profil responden, penyebaran lulusan, kesesuaian kompetensi yang diterima saat kuliah dengan kebutuhan dunia kerja, rentang pendapatan, proses perolehan pekerjaan, dan sebagainya.

Kegiatan seminar ditutup pada pukul 11.00 oleh Direktur Kemahasiswaan dan pengumuman 5 poster terbaik perguruan tinggi penerima bantuan dana pusat karir dan 5 poster terbaik perguruan tinggi penerima bantuan dana pusat karir lanjutan.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Share.

About Author

Leave A Reply